Sekitar 1500 Siswa dari 34 Provinsi Ikut Festival FLS2N Kemendikbud

Sekitar 1500 Siswa dari 34 Provinsi Ikut Festival FLS2N Kemendikbud



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)), melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Kegiatan ini diikuti hampir 1500 siswa dari 34 provinsi di Indonesia.
Acara ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Kemendikbud setiap tahunnya, yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan menyalurkan bakat serta minat siswa, salah satunya terhadap seni dan budaya.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. (Dok : Kemendikbud)
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. (Dok : Kemendikbud)

Ada sembilan bidang seni yang dilombakan pada FLS2N tingkat SMA, yaitu Baca Puisi, Cipta Puisi, Seni Kriya, Desain Poster, Tari Kreasi Berpasangan, Vokal Solo, Gitar Solo, Film Pendek dan Monolog. Ketujuh bidang lomba ini akan dilaksanakan di beberapa lokasi yaitu Taman Budaya Kota Bandar Lampung, Dewan Kesenian Lampung (DKL), SMAN 2 Lampung, Hotel Sheraton, Hotel Batiqa, dan Hotel Emersia.
Selain jenjang SMA, FLS2N 2019 juga diikuti oleh siswa tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan PPK (Pembinaan Pendidikan Khusus). Jenjang SMK akan diisi dengan perlombaan Menyanyi Solo, Tari Tradisional, Musik Tradisional Daerah, Solo Gitar Klasik, Teater, Fim pendek dan Permainan Tradisional. Khusus untuk jenjang PPK akan diperlombakan bidang seni Menyanyi Solo, Tari, Pantomim, Melukis, Desain Grafis, dan MTQ.

DirekturPembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud, Drs. Purwadi Sutanto M.Si. (Dok : Kemendikbud)
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud, Drs. Purwadi Sutanto M.Si. (Dok : Kemendikbud)

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud, Drs. Purwadi Sutanto M.Si mengatakan, kegiatan seni dalam pendidikan ini diharapkan dapat menunjang pengembangan individu, baik aspek intelektual, emosional, sosial, maupun personal secara terpadu. 
“Para peserta diharapkan dapat merajut rasa nasionalisme kebangsaan antar sesamanya. Melalui FLS2N, nilai-nilai tradisi yang berakar dari budaya bangsa dapat tetap lestari dan terus berkembang,” katanya.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. (Dok : Kemendikbud)
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. (Dok : Kemendikbud)

FLS2N ke-11 tahun ini diselenggarakan di Kota Bandar Lampung,  pada 15 – 21 September 2019. Tema nasional yang diangkat pada FLS2N 2019 ini adalah “Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter”, dan tema untuk jenjang SMA adalah “Bersama Dalam Seni”.

sumber: https://www.suara.com/news/2019/09/16/182419/sekitar-1500-siswa-dari-34-provinsi-ikut-festival-fls2n-kemendikbud
Share:

Recent Posts